Bahaya dan Kekhawatiran Implan Gigi: Apa yang Perlu Diperhatikan

Bahaya Implan Gigi. Apa sih bahaya nya? Implan gigi seringkali dipandang sebagai solusi sempurna untuk mengatasi masalah gigi yang hilang atau rusak. Metode ini menjanjikan estetika dan fungsi yang lebih baik, seolah-olah Anda memiliki gigi asli.

Bahan implant gigi terbuat dari titanium.  Ini memungkinkan implant gigi untuk  menyatu dengan tulang , yang disebut osseointegration ( ” Osseo ” – tulang; ” integrasi ” – fusi atau bergabung dengan ). Dan ini  merupakan dasar biologis dari keberhasilan implan gigi.  Mengapa? Karena ketika gigi hilang , tulang yang menyangga gigi juga ikut hilang.

Namun, sebagaimana halnya dengan semua prosedur medis, implan gigi bukan tanpa risiko. Ada beberapa bahaya dan kekhawatiran yang mungkin muncul, termasuk infeksi, kerusakan saraf, kegagalan implan, serta biaya dan waktu pemulihan yang cukup signifikan.

Sebelum Anda memutuskan untuk menjalani prosedur ini, sangat penting untuk memahami sepenuhnya apa yang terlibat dalam proses tersebut. Artikel ini bertujuan untuk membantu Anda memahami kekurangan dan kelebihan yang terlibat dalam prosedur implan gigi.

Baca juga: Gigi Palsu Banyak Sekali, Mengapa harus Implan Gigi

Mengapa implan gigi dianggap solusi ideal

Implan gigi seringkali dianggap sebagai solusi ideal ketika gigi seseorang rusak atau hilang. Selain dapat memberikan tampilan gigi yang estetis, implan gigi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

Implan gigi menggantikan gigi asli yang hilang, menjaga jarak antar gigi, sehingga mencegah gigi-gigi yang tersisa dari pergerakan yang tidak diinginkan. Ada juga manfaat jangka panjang, dalam arti bahwa implan gigi yang dipasang dengan benar dapat bertahan seumur hidup.

Meskipun ada beberapa bahaya yang terkait dengan prosedur ini, seperti infeksi dan komplikasi selama pemulihan, manfaat yang ditawarkan implan gigi jelas mengalahkan risikonya. Secara keseluruhan, jika gigi rusak atau hilang, implan gigi dapat menjadi solusi ideal untuk memulihkan kerusakan dan mengembalikan fungsi normal gigi.

Mengapa solusi ideal? Karena implan gigi

Pada dasarnya menempatkan implan gigi dapat:

  • menstabilkan tulang ,
  • mencegah kehilangan  tulang lebih lanjut, supaya tidak kelihatan kempot.
  • membantu mempertahankan bentuk dan kepadatan tulang rahang .
  • Ini berarti implan  juga mendukung kerangka wajah dengan secara tidak langsung dan juga struktur jaringan lunak meliputi : jaringan gusi , pipi dan bibir .
  • Implan gigi membantu Anda makan , mengunyah , tersenyum , bicara dan terlihat benar-benar alami . Fungsi ini dapat mempengaruhi dalam kehidupan sosial , psikologis dan kesejahteraan fisik.

Perawatan gigi implan yang cukup mudah. Durasi penggunaan implant gigi yang bisa mencapai waktu yang cukup lama bahkan mungkin seumur hidup  menjadi sisi positif dari implan gigi ini.

Eits, tunggu dulu. Dibalik segala kemudahan dan jangka waktu penggunaan yang lama tersebut, pernahkah terbesit sebuah pertanyaan di pikiran Anda mengenai bahaya implan gigi.

Sejauh ini sih, tingkat keberhasilan pemasangan implan gigi bisa diakui cukup tinggi. Di karenakan untuk mengeluarkan bahan  implan gigi di butuhkan penelitian ber tahun tahun. Namun, bukan berarti pemasangan implan gigi 100 persen sempurna tidak ada kekurangan nya, sama seperti tindakan medis lainnya, semua nya ada baik dan buruk nya.

Baca Juga : Implan Gigi, Ini Prosedur Pemasangan dan Kelebihan nya

Kenapa penting untuk memahami risiko dan kekhawatiran

Memahami risiko dan kekhawatiran terkait implan gigi sangat penting dalam menentukan keputusan terbaik untuk kesehatan gigi Anda. Terlebih lagi, bahaya implan gigi yang tidak dipahami bisa mengancam keberhasilan prosedur ini.

Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk menjalani implan gigi, penting untuk membahas risiko dan kekhawatiran dengan dokter spesialis implan gigi Anda, sehingga Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang perlu dilakukan untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya komplikasi.

Memperhatikan risiko dan kekhawatiran juga akan membantu Anda mengambil keputusan yang tepat untuk perawatan gigi yang terbaik. Jadi, jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan dan mencari informasi yang akurat sebelum memutuskan untuk menjalani implan gigi.

Bahaya Utama Implan Gigi

  • Infeksi

Infeksi merupakan kondisi yang serius dan dapat membahayakan kesehatan. Salah satu penyebab infeksi adalah implan gigi yang tidak dirawat dengan baik. Implan gigi adalah salah satu metode yang biasa digunakan untuk mengganti gigi yang rusak atau hilang.

Namun, jika tidak dirawat dengan baik, implan gigi dapat memicu pertumbuhan bakteri yang berbahaya dan menimbulkan infeksi pada gusi dan bahkan tulang rahang. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu memperhatikan kebersihan dan perawatan setelah implan gigi, dan jika merasakan gejala infeksi seperti nyeri atau bengkak pada area gigi, segera konsultasikan dengan dokter gigi.

Jangan anggap remeh bahaya implan gigi yang tidak dirawat dengan baik, karena kesehatan gigi dan mulut sangat penting bagi kesehatan keseluruhan tubuh.

  • Kerusakan Saraf

Kerusakan saraf sulit dideteksi secara dini dan bisa menjadi masalah serius bagi kesehatan gigi dan mulut. Salah satu faktor penyebab kerusakan saraf adalah implan gigi yang tidak dilakukan dengan benar.

Analogi sebuah papan

Implan gigi ditanam dengan cara melubangi gusi dan tulang dan kemudian dipasang sejenis sekrup sebagai pengganti akar gigi dan kemudian dipasang semacam mahkota gigi tiruan sebagai pengganti mahkota gigi yang sudah hilang.

Jika pemasangan implan gigi ini tidak tepat, bisa menimbulkan dampak yang cukup fatal lho. Implan gigi bisa saja goyang  sehingga mengakibatkan penyatuan implan dan tulang yang tidak sempurna, bahkan bisa menyebabkan kerusakan saraf sekitarnya.

Tulang gigi kita bisa dianalogikan sebagai sebuah papan, yang akan dipasangi sebuah sekrup (sebagai implan). Jika memasang sekrupnya tidak tepat atau pas sasaran, hal ini justru tidak hanya akan melubangi papan, dan malah merusak papan.

Jika kerusakan yang dialami papan tidak dapat diperbaiki, bedanya tulang gigi manusia bisa melakukan penyembuhan terhadap kerusakan yang diderita. Namun, penyembuhan tersebut tidak terjadi dalam waktu yang singkat. Tetapi kalau syaraf yang rusak, belum tentu bisa sembuh. Proses perbaikan tulang gigi membutuhkan waktu yang sangat lama dan perawatan yang intensif, sedangkan penyembuhan syaraf yang rusak belum tentu bisa.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui bahaya implan gigi dan mendapatkan perawatan gigi yang berkualitas dari dokter spesialis implan gigi yang terpercaya dan berpengalaman.

Jangan biarkan kerusakan saraf mengancam kesehatan gigi dan mulut Anda, karena kesehatan gigi dan mulut yang baik merupakan pondasi untuk kesehatan tubuh yang optimal.

  • Kegagalan Implan

Seperti yang kita tahu, implan gigi adalah sebuah teknik penanaman akar buatan ke dalam tulang gigi dengan melalui tindakan pembedahan atau operasi. Nah loh, setiap tindakan operasi pasti ada efek sampingnya. Dampak yang muncul setelah operasi pemasangan implan tidak sama pada masing – masing orang. Tergantung dari reaksi masing – masing orang juga.

Baca juga : Dental Implant atau Implan Gigi, Apa sih itu?

Implan gigi berasal dari bahan – bahan sintetis yang dipercaya tidak menimbulkan alergi terhadap pengguna. Tapi, mau seaman apapun bahannya, implan gigi bisa dikatakan sebagai benda asing untuk tubuh manusia. Jadi ada juga kemungkinan kalau tubuh kita akan memberikan reaksi penolakan terhadap implan gigi. Yang notabene dinobatkan sebagai benda asing dimasukan apalagi ditanam di dalam tulang gigi kita.

Besar kecilnya dampak negatif implan gigi yang dirasakan pun tergantung dengan reaksi penolakan yang dialami oleh tubuh kita. Hal ini juga dipengaruhi oleh jenis implan yang digunakan dan kesehatan si pengguna lho. Tapi tidak usah terlalu takut, bahaya implan gigi yang berupa penolakan tubuh, sebetulnya kecil. Karena bahan implan sebelum di keluarkan,  pasti juga sudah dengan berbagai penelitian  dahulu. Karena itu jangan asal memilih implan yang murah.

Selama proses pemasangan implan tersebut, pasien akan mengalami ketidaknyamanan, rasa sakit karena proses adaptasi dengan implan dan pembengkakan di sekitar daerah operasi.

Baca juga : Pasang Implan Gigi, Manfaat yang Perlu Anda Tahu

Maka dari itu, jika anda ingin memasang implan gigi, jangan hanya terbuai dengan sisi positif yang ditawarkan oleh dokter mengenai implan. Tapi anda juga harus memastikan pemasangan implan gigi dilakukan oleh dokter gigi spesialis implan yang tepat.

Diskusi dengan Dokter Gigi

Pentingnya konsultasi sebelum prosedur

Sekarang ini, implan gigi sangat populer di kalangan masyarakat. Namun, sangat penting untuk diperhatikan bahwa ini bukan prosedur yang bebas risiko sama sekali.

Bahaya implan gigi bisa sangat merisaukan, seperti kerusakan saraf  hingga kerusakan tulang. Oleh karena itu, kami sangat menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis implan gigi yang pastinya punya banyak pengalaman memasang implan gigi, sebelum melakukan prosedur.

Konsultasi akan memberikan Anda pemahaman yang lebih baik tentang risiko yang mungkin terlibat dalam prosedur, serta membantu Anda menentukan ketepatan waktu dan strategi yang tepat untuk mengurangi risiko.

Dengan berkonsultasi, Anda dapat memiliki keyakinan dan yakin dengan keputusan Anda untuk melakukan implan gigi. Jadi, sebelum memutuskan untuk melakukan implan gigi, jangan pernah melewatkan tahap konsultasi ini yang sangat penting!

Pertanyaan untuk ditanyakan kepada dokter gigi Anda

Apakah Anda tahu bahaya yang mungkin terjadi ketika Anda memilih implan gigi? Konsultasi dengan dokter spesialis Implan Gigi di klinik kami, yang punya banyak pengalaman dalam melakukan implan gigi, dapat membantu Anda terutama ketika Anda memutuskan untuk melakukan implan gigi, pertanyaan yang tepat dapat membantu Anda membuat keputusan yang tepat.

Bertanyalah tentang risiko yang mungkin terjadi dan apakah implan gigi adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Sebagai pasien, Anda berhak untuk mengerti seluruh proses, material yang dipakai, dan komplikasi yang mungkin terjadi setelah prosedur implan gigi. Jangan ragu untuk bertanya dan menjadi proaktif dalam menjaga kesehatan gigi Anda.

Keuntungan Implan Gigi

Implan gigi adalah solusi untuk masalah hilangnya gigi akibat berbagai hal. Selain dapat membantu menyempurnakan tampilan gigi, implan gigi juga memberikan banyak keuntungan bagi kesehatan gigi dan mulut.

Padahal, Bahaya implan gigi memang kerap menjadi pertanyaan yang sering muncul. Namun, dengan teknologi terbaru, saat ini proses pemasangan implan gigi menjadi lebih aman dan minim risiko.

Implan gigi dapat membantu mencegah tulang rahang dari resorpsi, yaitu saat proses penipisan dan kerusakan tulang rahang akibat tidak memiliki gigi yang kuat. Dengan demikian, implan gigi dapat membantu melindungi tulang rahang serta gigi asli yang masih ada.

Jangan ragu untuk mencoba implan gigi, karena banyak keuntungan dan terobosan teknologi terbaru yang membuat proses implan gigi semakin aman dan minim risiko.

Baca Juga : 6 Syarat Pasang Implan Gigi  yang Harus Di penuh sebelum Melakukan

Kemana harus Implan Gigi?

Untuk Anda yang berada di  Surabaya, ada klinik gigi Surabaya yang rekomended banget, yakni Shiny Smile Dental Clinic. Didukung dengan tim dokter gigi spesialis yang berpengalaman dan kompeten untuk melakukan berbagai kasus-kasus spesialisasi. Dan di dukung dengan tempat yang nyaman dan bersih, Shiny Smile Dental Clinic bisa menjadi  klinik gigi terdekat Anda untuk melakukan berbagai perawatan restorasi dan kosmetik gigi.

Fokus utama tim Shiny Smile sebagai salah satu klinik gigi Surabaya adalah kosmetik gigi. Kedokteran kosmetik gigi tidak hanya akan memberikan kamu kesehatan gigi dan senyum yang baru, tetapi juga  akan mengubah hidup kamu untuk selamanya. Jadi tunggu apa lagi, segera kunjungi Shiny Smile Dental Clinic di Jl. Wisma Permai Barat I No. 33 (blok LL-24), Surabaya 60115.  Anda bisa menghubungi kami untuk bertanya tanya via  Whatsapp di 08 223 227 3737  

Baca juga: Pasang Implan Gigi Surabaya

 

Reference:

Side Effects of Dental Metal Implants: Impact on Human Health (Metal as a Risk Factor of Implantologic Treatment)

Titanium hypersensitivity. A hidden threat for dental implant patients?

Dental Implants: What You Should Know